Breaking News

Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Sawi Caisim dan Pakcoy

Tahukah Anda kendala pada sat kita menanam tanaman Sawi Caisim dan Pakcoy? Biasanya terdiri dari beberapa jenis hama dan penyakit yang menjadi beban dalam benak petani. Seperti yang akan saya bahas kali ini, ada beberapa jenis ulat dan beberapa jenis penyakit yang mengganggu pertumbuhan dari tanaman sawi ini, nah bagi Anda  yang membutuh kan info tentang hama dari tanaman ini harap di baca sampai tuntas yah gan biar semua nya jelas.
Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Sawi

1. Ulat Grayak (Spodoptera litura dan Spodoptera exigua)
Ulat yang mempunyai warna hijau tua kecoklatan dengan totol-totol hitam di setiap ruas buku badannya ini berukuran kuraang lebih 15 sampai 25 mm saja, namun sangat menjengkel sekali, serengan ulat yang satu ini yaitu terjadi pada daun sawi, sehingga tak heran jika daun sawi akan berlubang-lubang, dan serangan ulat ini biasanya terjadi pada daun yang masih muda,  dan untuk solusi nya yaitu dengan penyemprotan yang menggunakan insektisida seperti: Matador 25 EC, Curacron 500 EC dan Buldok 25 EC.

2. Ulat Tanah (Agrotis sp.)
Ulat yang takut akan sinar matahari ini sering merusak tanaman sawi yang masih muda yang baru di tanaman di ladang, ulat ini berwarna coklat ke hitaman,  serangan ulat tanah ini biasanya di lakukan di malam hari dan serangan dari ulat tanah ini  biasa nya tidak serentak alias sedikit demi sedikit, maka dari itu perlu di lakukan pencegahan sebelum menanam sawi yaitu dengan melakukan sanitasi lan, kalau pun yang sudah terserang sebaik nya segera lakukan pemberantasan dengan insektisida yang berbentuk butiran kemudian di tabur di samping tanaman sawi tersebut.

3.  Leaf Miner (Liriomyza sp.)
Leaf miner adalah masih sejenis dengan serangga, jika agan melihat  permukaan daun sawi tampak bercak kuning kecoklatan, itu berarti tanaman sawi agan telaah terkotaminasi dengan serangga yang satu ini, sebab cara merusak serangga yang satu ini yaitu dengan menebar telur nya pada daun sawi, dan larva-larva nya akan masuk ke dalam daun dan mengerogotinya, dan bercak kuning kecoklatan tersebut adalah jalur dimana larva tersebut memakan daun dan daging nya, dan insektisida yang dapat membasmi nya yaitu : Trigard 75 WP dan Proclaim 5 SG.

4. Penyakit Akar Gada (Plasmodiophora brassicae)
Penyakit ini biasa nya menyerang halaman tanaman, nah jika agan menemukan atau melihat tanaman sawi agan terlihat layu pada siang hari dan segar pada pagi hari itu berarti tanaman agan telah terserang penyakit yang satu ini. Dan untuk penyakit yang satu ini sampai sekarang belum di temukan obat nya atau solusinya.

5. Ulat Perusak Daun (Plutella xylostella)
Ulat yang satu ini sangat menyukai pucuk tanaman sawi, sehingga tidak heran jika pucuk tanaman akan berlubang dan tanaman sawi tidak akan tumbuh dengan benar karena pucuk nya terganggu oleh ulat yang satu ini, ciri dari ulat yang satu ini adalah mempunyai warna tubuh yang hijau muda dan panjang maksimal 10 mm,  adapun cara menanggulangi nya yaitu dengan menyemprotkan insektisida seperti: March 50 EC, Proclaim 5 SG, Decis 2,5 EC dan Buldok 25 EC.

6. Penyakit Busuk Daun (Phytoptora sp.)
Penyakit yang satu ini biasa nya di sebabkan oleh salah nya musim tanam, yaitu di saran kan kalaun menanam sawi jangan di musim hujan, karena dampak yaitu daun menjadi busuk, dan hal ini di sebabkan oleh kondisi cuaca yang tak tentu, atau karena hujan sehari yang di ikuti cuaca yang panas sekali, kalau pun sudah terlanjur menanam, solusi nya adalah: semprotlah dengan fungisida yang tepat yaitu Bion M 1/48 WP, Topsin M 70 WB dan Kocide 60 WDG.

Berikut adalah beberapa penampakan hama dalam bentuk video:

1. KENDALA BERHIDROPONIK, TERNYATA DARI KUPU INI ULATNYA
2. Penemuan hama baru yang menyerang tanaman di malam hari
3. Ulat adalah hama pada sawi dan cara membasminya
4. Cerita Persahabatan Antara PakCoi dan Si Ulat hijau dalam satu kamar
5. Cukup Mudah Membuat Pestisida Organik dan Hasil Penerapannya

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mohegan Sun Pocono Launches First Sportsbook in - JT Hub
    Mohegan Sun Pocono 거제 출장안마 will 대구광역 출장마사지 offer 제주 출장안마 a $100,000 casino-style that is located in 제주도 출장안마 Plains, Pennsylvania, near Mohegan 세종특별자치 출장안마 Sun.

    BalasHapus