Breaking News

Membuat larutan ABmix

Sebagai pemula dalam hal bertanam dengan sistem hidroponik tentu saja perlu kehati-hatian dan banyak cari info sana-sini terutama tentang kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang dibudidaya dengan cara tersebut.
Berkenaan dengan membuat larutan nutrisi hidroponik baik yang dimuat sebagai petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan maupun informasi yang banyak tersebar di laman tentang hidroponik, sangatlah mudah dan sederhana.
Berikut adalah penjelasan cara membuat larutan 500 ml, yaitu untuk AB mix 250 gram (A=125 gr ; B=125 gr) :
  1. Siapkan dua wadah, yang satu diberi merk A dan yang lainnya diberi merk B. Kemudian isi kedua wadah tersebut dengan air kurang lebih 300 ml (gunakan gelas ukur).
  2. Masukan isi kemasan A ke wadah bermerk A, dan isi kemasan B ke wadah bermerk B, masing-masing diaduk sampai larut sempurna.
  3. Setelah terlarut sempurna, tambahkan lagi air ke masing-masing larutan tersebut sampai 500 ml.
  4. Simpan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung sebelum digunakan.

Informasi membuat larutan pada umumnya seperti itu, dan tidak ada penjelasan tentang kualitas air yang digunakan sebagai pelarut pekatan nutrisi, apakah air sumur, air ledeng atau air hujan. Pekatan yang dilarutkan dengan air yang berkualias kandungan mineral sedikit akan lebih baik dibandingkan dengan pekatan yang dilarutkan oleh air yang kandungan mineralnya lebih banyak, hal tersebut akan berpengaruh pada kualitas kandungan nutrisi untuk tanaman selanjutnya meskipun ppm yang ditentukan sesuai dengan keinginan tanaman.
Kesimpulannya, periksalah lebih dahulu ppm air yang akan digunakan sebagai pelarut A dan B, demikian pula periksa dahulu kualitas air pada saat akan membuat larutan untuk tanaman. Cobalah perhatikan tabel pembuatan larutan berikut, kalau ppm air pelarut sudah tinggi maka larutan A dan B yang ditambahkan kedalam tiap liter air tidak akan sesuai seperti pada tabel.

Posting Komentar

0 Komentar