Breaking News

Penyebab Daun Menguning Pada Tanaman

Kenapa Daun Pada Tanaman Menjadi Kuning?
Kok bisa ya tanaman yang kita tanam daunnya menjadi kuning? yah, jadi gaenak dipandang dehh..
gaenak untuk dimakan pula.
Perubahan pada daun tanaman adalah tanda atau gejala apakah tanaman sehat atau tidak. Setiap tanaman memiliki mekanisme bertahan hidup yang berbeda-beda tentunya. Salah satunya, daun menguning,adalah suatu tanda akan terjadi perontokan.
Kita harus mengetahui apa penyebab lainnya, biasanya kita salah menempatkan posisinya dan mengairi tanaman tersebut.
Tanaman yang kita simpan di ruang tertutup maupun terbuka dapat secara tiba-tiba berubah warna pada daun-daunnya, kok bisa?. Ini adalah suatu tanda atau gejala bahwa ada sesuatu yang terjadi pada tanaman tersebut.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan daun menguning pada tanaman, diantaranya :
Sistem Perakaran Dan Nutrisi
Kerusakan pada sistem perakaran bisa terjadi karena wadah terlalu sempit atau misalnya kita menggunakan sistem menanam dengan hidroponik, bisa jadi akar-akar yang merambat pada instalasi menyebabkan aliran air menjadi tidak stabil. Kemudian pemberian nutrisi, ataukah kita kurang dalam memberikannya? atau terlalu lebih?. Pemberian nutrisi harus seimbang atau sesuai dengan prosedur yang ada pada kemasan nutrisi.
Sinar Matahari
Kekurangan sinar matahari juga dapat menyebabkan daun tanaman menjadi kuning. Untuk mengatasi hal ini, cukup memindahkan tanaman ke tempat yang lebih yang lebih banyak sinar matahari.
Kekurangan Air / Terlalu Banyak Air
Apabila tanaman kekurangan air, maka secara alami mereka akan menggugurkan daunnya dengan tujuan untuk memperlambat proses transpirasi. Pada awalnya tampak dari sisi daun mulai menggulungkan daunnya dan menguning. 
Terlalu banyak air juga tidak bagus untuk tanaman, karena akan mengakibatkan sistem perakaran yang terlalu lama terendam air akan kekurangan oksigen yang dibutuhkan sehingga terjadi pembusukan pada akar. Jika hal ini dibiarkan maka tanaman akan mati. Berkurangnya daya serap dari akar juga dapat memicu perubahan warna pada daun menjadi kuning.
Hama Penyakit
Hama penyakit pada tanaman disebabkan karena adanya virus, serangga, fungus, dan sebagainya menjadi salah satu penyebab daun menguning.
Faktor Cuaca
Perubahan cuaca dapat menyebabkan kondisi tanaman tidak mendapat makanan secara sempurna. Untuk mengatasi hal ini, apabila kondisi cuacanya sedang hujan, dan tanaman tidak terkena matahari, kita bisa menggunakan lampu sebagai sumber cahayanya.

Posting Komentar

0 Komentar